APKG 2 PKP
ALAT PENILAIAN
KEMAMPUAN GURU-PKP 2
(APKG-PKP
2)
LEMBAR
PENILAIAN
KEMAMPUAN
MELAKSANAKAN PERBAIKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN
NAMA MAHASISWA
NIM
TEMPAT MENGAJAR
TK KELOMPOK/KB/TPA
TEMA
SIKLUS KE- dan HARI KE-
WAKTU
TANGGAL
|
:
:
:
:
:
:
:
:
|
MEI SARI’AH
819109253
RA MIFTAHUL JANNAH KUNTILI
B
ALAT KOMUNIKASI
SIKLUS 2 / HARI KE – 2
PUKUL 07.30 – 10.00 WIB
12 MARET 2014
|
PETUNJUK
1.
Amatilah
dengan cermat kegiatan pengembangan yang sedang berlangsung.
2.
Pusatkanlah
perhatian Mahasiswa pada kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pengembangan
serta dampaknya pada diri anak.
3.
Nilailah
kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut.
4.
Khusus
untuk butir 5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam kegiatan
pengembangan, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan kegiatan
yang sedang diajarkan.
5.
Nilailah
semua aspek kemampuan guru.
1. Menata
ruang dan sumber belajar serta melaksanakan tugas rutin
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.1 Menata ruang dan sumber belajar sesuai perbaikan kegiatan
1.2 Melaksanakan tugas rutin kelas sesuai perbaikan kegiatan
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 1 = A
|
||||
2. Melaksanakan
perbaikan kegiatan
2.1 Melakukan pembukaan kegiatan sesuai
perbaikan kegiatan pengembangan
2.2 Melaksanakan kegiatan pengembangan
yang sesuai dengan tujuan perbaikan, anak, situasi, dan lngkungan
2.3 Menggunakan alat bantu (media)
pembelajaran yang sesuai dengan tujuan perbaikan, anak, situasi, dan
lingkungan
2.4 Melaksanakan perbaikan kegiatan pengembangan dalam urutan
yang logis
2.5 Melaksanakan perbaikan kegiatan pengembangan secara
individual, kelompok atau klasikal
2.6 Mengelola waktu kegiatan perbaikan secara efisien
2.7 Melakukan penutupan kegiatan sesuai dengan perbaikan
kegiatan pengembangan
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 2 = B
|
||||
3. Mengelola
interaksi kelas
3.1 Memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan
perbaikan kegiatan pengembangan
3.2 Menangani pertanyaan dan respons anak
3.3 Menggunakan ekspresi lisan, tulisan, isyarat, dan gerakan
badan
3.4 Memicu dan memelihara ketertiban anak
3.5 Memantapkan kompetensi anak saat perbaikan kegiatan
pengembangan
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
butir 3 = C
|
||||
4. Bersikap
terbuka dan luwes serta membantu mengembangkan sikap positif anak terhadap
kegiatan bermain sambil belajar
4.1 Menunjukkan sikap ramah, luwes,
terbuka, penuh pengertian, dan sabar kepada anak
4.2 Menunjukkan kegairahan dalam
membimbing
4.3 Mengembangkan hubungan antar pribadi
yang sehat dan serasi
4.4 Membantu anak menyadari kelebihan dan
kekurangannya
4.5 Membantu anak menumbuhkan kepercayaan
diri
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 4 = D
|
||||
5. Mendemonstrasikan
kemampuan khusus dalam perbaikan kegiatan pengembangan
5.1 Menggunakan pendekatan tematik
5.2 Berorientasi pada kebutuhan anak
5.3 Menggunakan prinsip bermain sambil
belajar atau belajar seraya bermain
5.4 Menciptakan suasana kegiatan yang kreatif dan inovatif
5.5 Mengembangkan kecakapan hidup
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 5 = E
|
||||
6. Melaksanakan
penilaian selama proses perbaikan kegiatan pengembangan
6.1 Melaksanakan penilaian selama proses
kegiatan pengembangan sesuai dengan perbaikan kegiatan
6.2 Melaksanakan penilaian pada akhir
kegiatan sesuai perbaikan kegiatan pengembangan
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 6 = F
|
||||
7. Kesan
umum pelaksanaan perbaikan kegiatan pengembangan
7.1 Keaktifan proses perbaikan kegiatan
pengembangan
7.2 Penggunaan bahasa Indonesia lisan
7.3 Peka terhadap ketidaksesuaian
perilaku dan kesalahan berbahasa pada anak
7.4 Penampilan guru dalam perbaikan
kegiatan pengembangan
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 7 = G
|
NILAI
APKG PKP 2 = Y
|
Banyumas,
12 Maret 2014
|
Y = + + + + + +
=
7
|
Penilai
...............................................
|
Tidak ada komentar: